Monday 1 February 2016

5-manfaat berjalan kaki bagi kesehatan-kumpulan artikel kesehatan


Berjalan kaki adalah olahraga ringan yang bisa di lakukan oleh siapa saja .kegiatan ini , tidak membutuhkan kemampuan khusus . namun di jaman modern seperti sekarang , banyak orang mulai meningggalkan aktivitas ini . padahal banyak manfaat yang di dapat dari olahraga ini , menurut penelitian , orang yang berjalan kira-kira 20-25 mil per minggu , lebih berpotensi  untuk memiliki umur yang panjang  di bandingkan dengan mereka yang tidak melakukan nya . berikut ini beberapa manfaat dari aktivitas jalan kaki , cekidot :
1.       Menurunkan berat badan
Untuk melakukan kegiatan ini , anda hanya memerlukan sepasang sepatu . lebih menyehatkan  lagi jika di lakukan tanpa menggunakan alas kaki . berjalan dapat membakar kalori yang ada pada tubuh kita , dan juga semua  otot pada tubuh kita ikut bergerak.
2.       Mencegah serangan jantung
 berjalan kaki membuat detak jantung kita menjadi lebih cepat , sirkulasi darah di dalam tubuh kita menjadi lancar , sehingga otot jantung dapat memompa darah ke jantung maupun keseluruh tubuh .
3.       Membantu mengurangi stres
Bagi kita yang mengalami kejenuhan atau stres karena rutinitas sehari-hari , dengan  berjalan kaki  pagi hari dapat membantu melepaskan ketegangan otak . hal ini terjadi , karena otak dapat melepaskan hormon endorfin , sehingga tubuh kita menjadi rileks .
4.       Mencegah osteoporosis
Selain menyegarkan badan, gerakan tubuh saat berjalan dapat menguatkan tulang kita dan juga membantu metabolisme kalsium dalam tubuh kita . paparan sinar matahari saat melakukan aktivitas ini juga di perlukan untuk menguatkan tulang kita.
5.       Mengontrol gula darah
Sebuah penelitian dari american medical association menemuan bahwa , orang yang latihan di pagi hari termasuk jalan kaki ,mampu menunjukkan kontrol yang lebih baik pada gula darah , daripada mereka yang tidak melakukan aktivitas ini.


No comments:

Post a Comment