Thursday 28 January 2016

5 tips mengurangi stres-kumpulan artikel kesehatan




 cara mengatasi stres




Pasti banyak orang pernah mengalami  stress , entah stress karena deadline pekerjaan atau stress karena tugas-tugas kuliah . tak jarang karena stres , kesehatan , emosi , atau hubungan sosial kita terganggu . sebelum kita membahas lebih jauh tentang stress , sebaik nya kita ketahui dulu , apakah yang di maksud stres itu ?. stres merupakan beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri , sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat . stres tidak selama nya berdampak buruk , ada beberapa dampak positif yang di hasilkan nya seperti , mendorong orang berpikir kreatif , meningkatkan kekebalan tubuh , membuat tubuh lebih fit , serta membantu kita menyelesaikan masalah .itu adalah beberapa dampak positif dari stres. walaupun begitu kita juga perlu mengetahui tanda-tanda atau gejala stres . gejala stres tergantung masing-masing orang , seperti : sakit kepala , kelelahan , ketegangan pada otot , depresi , khawatir , hilang ingatan , gelisah , bahkan kecanduan obat . lalu bagaimana cara mengatasi stres yang berdampak negatif bagi tubuh kita  ? . berikut ini adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengurangi stres .
1.     Aktif
Ternyata dengan tubuh kita aktif , dapat mengurangi stres . ya , dengan tubuh kita aktif , tubuh kita dapat membantu melepaskan hormon endhorphins yaitu hormon anti depresi yang di miliki tubuh. Jadi aktivitas seperti jogging , berenang , bersepeda , sangat di anjurkan.
2.     Lakukan break di sela-sela pekerjaan anda
Banyak kita bekerja dalam lingkungan yang memerlukan mobilitas dan ketelitian . jika itu terjadi pada anda dan kepala sudah mulai penat, sebaiknya ambilah waktu istirahat di sela-sela pekerjaan anda .lalu minum air mineral , untuk mengembalikan fokus anda .
3.     Cukup tidur
Banyak dari kita kurang mendapatkan tidur yang cukup . jumlah yang di sarankan untuk tidur yang cukup yaitu tujuh sampai delapan jam . tidur yang cukup dapat membantu tubuh kita menjadi segar , sehingga dapat menjalani aktivitas selanjutnya .
4.     Lakukan persiapan
Sering kali , orang  akan gugup apabila pertama kali berbicara di depan umum atau presentasi di depan kelas . pasti semua orang pernah mengalami hal seperti itu . untuk mengatasi hal tersebut , salah satu strategi yang cukup efektif untuk mengatasi nya yaitu dengan melakukan persiapan sebaik-baik nya , seperti pengenalan tempat atau  melakukan latihan sebelum melakukan presentasi . ini sangat berguna untuk mengatasi gugup atau demam panggung .
5.     Rekreasi
Rekreasi juga di perlukan , hal ini berguna untuk mengembalikan mood kita serta merefresh otak kita dari segala rutinitas sehari-hari .
      


No comments:

Post a Comment