Wednesday 20 January 2016

rokok dAN efeknya

Ironis sekali  saat manusia menghindari polusi dan ingin menjaga keseimbangan alam .mereka ingin terbebas dari kepulan  asap yang bisa menyebabkan masalah pada kesehatan . namun faktanya masih banyak orang yang dengan sengaja mengalirkan asap di paru-paru mereka . hal ini tidak saja berakibat buruk pada perokok namun imbas nya bisa mempengaruhi kesehatan orang-orang di sekitar kita . rokok kini banyak menyasar  dalam kehidupan para remaja , padahal dalam usia seperti itu seharusnya hal ini tidak di perkenankan mengingat remaja merupakan masa peralihan .kini banyak anak remaja akrab dengan rokok , dan banyak pula akibat yang di timbulkan dari rokok itu.
Rokok merupakan zat beracun  yang membahayakan bagi kesehatan tubuh kita , terutama untuk paru-paru dan sistem pernafasan lain . apabila asap  dari rokok di hirup oleh tubuh kita , maka racun dari asap itu akan mengendap dalam tubuh . di dalam rokok terdapat berbagai zat yang berbahaya , dan kandungan dari rokok sendiri yaitu nikotin . nikotin merupakan zat yang bisa merusak jaringan otak , nikotin juga bisa menyebabkan seseorang menjadi ketagihan , selain itu nikotin dapat menyebabkan pembekuan pada darah . selain nikotin terdapat juga tar , tar merupakan bahan dasar pembuatan aspal , dan zat ini bisa menempel pada paru-paru . tar bisa membunuh sel  dalam saluran darah serta bisa meningkatkan produksi lendir pada paru-paru .
Tidak hanya  itu saja kandungan yang terdapat dalam rokok, masih ada 7000 zat kimia yang terkandung di dalam nya . perhatikan ketika anda mengambil hisapan pertama asap melewati mulut anda ,meninggalkan semacam serbuk cokelat yang menempel di gigi . agas-gas beracun seperti formaldehyde dan amonia segera menempatkan sistem kekebalan tubuh pada status waspada ,menyebabkan peradangan di setiap bagian. Setelah di tenggorokan asap rokok secara temporer meperlambat cilia anda. Cilia bak “ tukang sapu “ yang bekerja membersihkan sistem pernapasan anda dari serangan lendir dan partikel debu. Sementara itu, nikotin yang masuk lewat udara langsung menuju aliran darah anda melalui jutaan kapiler di paru-paru.Tubuh anda seakan mendapat sentakan energi ketika nikotin menyentuh kelenjar adrenalin , memicu produksi lebih besar yang meningkatkan tekanan darah dan detak jantung . jantung anda tidak  bisa rileks sepenuhnya pada tiap detakan . Akibat nya ,  anda beresiko lebih tinggi mengalami stroke . 
rokok ternyata tidak hanya mempengaruhi kondisi fisik saja, namun bisa juga mempengaruhi psikologi pengguna satu hal yang paling sering di alami oleh perokok adalah efek psikologis nikotin yang membuat seseorang merasa harus selalu menghisap asap rokok , sehingga banyak perokok menjadi terikat pada kebiasaan buruk ini. Hal ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh universitas st.George’s dan universitas hertfordshire. Penelitian ini mengungkapkan bahwa para perokok memiliki perilaku yang berlebihan dalam banyak hal , seperti makanan ,minum,dan menghisap rokok .
kondisi ini mengakibatkan para perokok merasa berat secara mental untuk lepas dari rokok yang kemudian menyebabkan mereka tetap kecanduan rokok. Otak perokok yang telah sangat akrab dengan nikotin secara umum menimbulkan reaksi ketergantungan . pada awal nya efek merokok dapat di rasakan menenangkan atau relaksasi , sehingga otak di dorong untuk selalu merasakan nyaman jika telah mendapat kan pasokan nikotin . pada saat yang bersamaan nikotin meracuni otak yang mengatur sistem mental untuk selalu  memperoleh nikotin dari rokok . efek psikologis inilah yang menjadi masalah utama bagi banyak perokok yang ingin berhenti mendadak . mereka sering merasakan gejala stress segera setelah lepas dari kebiasaan ini , misal nya mual,bingung , dan kesulitan berpikir . pada tahap selanjut nya efek merokok dapat menyebabkan seseorang mengalami perubahan perilaku menjadi yang lebih buruk . rokok sering di kaitkan dengan kondisi mental yang negatif seperti mudah marah , tersinggung , ketakutan dan rasa cemas . peneliti meyakini bahwa efek merokok dapat memicu seseorang mengalami penyakit skizofrenia . nikotin dari rokok mempengaruhi sel otak untuk memproduksi dopamine ( hormon penenang ) lebih banyak akibat nya tejadilah ketidak seimbangan .
Tahukah anda bahwa resiko perokok pasif 3 kali kebih tinggi dari perokok aktif .dan perokok wanita berisiko 25 persen lebih tinggi dari perokok pria .survey Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia tahun 2007 menyebutkan setiap jam sekitar 46 orang meninggal dunia karena penyakit yang berhubungan dengan merokok di indonesia kebiasaan merokok sedikitnya menyebabkan 30 jenis penyakit pada manusia . penyakit yang timbul akan tegantung dari kadar zat berbahaya yang terkandung, kurun waktu kebiasaan merokok , dan cara menghisap rokok . semakin muda seseorang mulai merokok ,makin besar resiko orang tersebut mendapat penyakit saat tua . lantas apa saja penyakit yang di sebabkan oleh rokok.penyakit yang di sebabkan oleh rokok seperti kanker paru,emfisema,bronkitis kronik, kanker nasofarings , mulut , esofagus,pankreas,ginjal, kandng kemih dan rahim. Aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah bisa menyebabkan penyakit jantung ,hipertensi, resiko stroke , menopause dini, osteoporosis, dan impotensi .
Menurut data dari Dirjen pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan (P2PL ) Kemenkes ,Indonesia menjadi negara ke tiga dunia dengan jumlah perokok aktif terbanyak di dunia 61,4 juta perokok setelah cina dan india sekitar 60 persen pria dan 4,5 persen wanita indonesia adalah perokok . sementara itu , perokok pada anak dan remaja juga terus meningkat 43 juta dari 97 juta warga indonesia adalah perokok pasif .
Tingginya julah perokok aktif tersebut berbanding lurus dengan jumlah non-smoker yang terpapar asap rokok orang lain ( second hand smoke ) sebanyak 97 juta penduduk indonesia , sebanyak 43 juta anak-anak , diantaranya 11,4 juta di antaranya berusia 0-4 tahun .
Hal ini sangat membuat kita miris , karena jumlah perokok di indonesia di dominasi oleh usia remaja yang seharus nya kegiatan mereka di isi oleh hal-hal yang lebih produktif . maka dari itu hal ini perlu menjadi fokus perhatian pemerintah untuk membatasi peredaran rokok di kalangan remaja maupun anak-anak.



No comments:

Post a Comment